Selasa, 25 Januari 2011

Sendi Berbunyi

Selamat malam dok,
nama saya khrisna, umur 22 tahun. saya mempunyai keluhan-keluhan kesehatan sebagai berikut :
1. Sendi-sendi saya pada berbunyi jika saya melakukan gerakan agak berat (sendi kaki, lutut, pinggul, pergelangan tangan, siku, pundak) kesannya seperti keropos.
2. saya memiliki berat badan 45 kg dengan tinggi badan 170. saya sudah berusaha mengkonsumsi makanan bergizi untuk menambah berat badan saya. tetapi tidak bisa, tubuh seperti tidak bisa menyerap zat-zat makanan.
3. Saya mudah sekali mengantuk.
4. Bila saya minum air, sebentar kemudian saya kepingin buang air kecil.
5. Bagian bawah perut saya kadang-kadang keras dan sakit.
6. Pinggang kadang-kadang pegal.
Demikian dok keluhan saya, sudah sekitar 1 tahun ini. kira-kira penyakit apa itu ya dok? atas dijawabnya pertanyaan ini saya mengucapkan banyak terima kasih.

-Khrisna-


Jawaban:

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudara Krisna satu-persatu:

1. Bunyi-bunyi pada sendi bisa merupakan hal yang normal atau bisa juga merupakan sebuah patologis (penyakit/kelainan). Keadaan patologis biasanya disertai nyeri ketika digerakkan. Namun dapat juga tanpa disertai nyeri. Pada keadaan normal, hal ini dapat terjadi karena produksi cairan sendi yang kurang. Tiap orang berbeda dalam memproduksi jumlah cairan sendinya. Apabila hal tersebut sangat mengganggu, saudara dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan Dokter Bedah Orthopaedi (Dokter Bedah Tulang).

2. Berat Badan (BB) yang kurang dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti pola makan yang kurang benar (makan kurang dari 3 kali sehari), asupan gizi yang tidak cukup, tidak cukup air, dll. Berat badan yang kurang juga bisa disebabkan keturunan, dalam arti bakat anda memang berpostur kurus. Selain itu, menderita suatu penyakit tertentu dapat menyebabkan pertumbuhan BB terhambat. Sebaiknya coba berkonsultasi dengan dokter saudara.

3. Suplai oksigen yang kurang ke otak membuat kita merasa mengantuk. Hal ini dapat disebabkan karena:

- kadar O2 di sekitar kita yang kurang
- zat pembawa O2 (Hemoglobin) dalam darah yang kurang atau
- tekanan darah yang kurang sehingga cairan darah ke otak pun kurang
Untuk meningkatkan kadar Hemoglobin disarankan untuk mengkonsumsi zat-zat pembentuk Hemoglobin seperti asam folat, B12, zat besi, dll yang banyak terdapat dalam sayuran berwarna hijau dan hati. Sementara tekanan darah yang kurang dapat diatasi dengan banyak minum, olah raga teratur seperti aerobik 30 menit sebanyak 3 x seminggu.
Orang yang cacingan pun mudah mengantuk karena zat-zat gizi untuk pembentukan Hemoglobin diserap oleh cacing. Rasa kantuk juga dapat disebabkan oleh rasa bosan. Bila memang hal ini yang terjadi pada saudara, cobalah untuk melakukan hal-hal baru dan menyenangkan.

4. Ingin buang air kecil setelah minum adalah hal yang wajar bagi orang-orang yang jarang minum, karena kondisi tubuh sudah terbiasa dalam keadaan kurang cairan. Hal ini akan hilang dengan sendirinya bila kita mengkonsumsi cukup air putih 2 liter/hari diluar air teh, sirup, kopi, susu dll selama + 1 bulan secara rutin.
Â
5. Nyeri pada perut dapat disebabkan oleh kelainan pada organ-organ disekitarnya seperti usus, salurang kencing, otot jaringan lunak dan organ reproduksi pada wanita. Sayangnya saudara kurang memberi informasi dimana tepatnya lokasi sakit, seberapa sering rasa sakitnya muncul dan sudah berapa lama.
Namun biasanya, nyeri yang hilang dan timbul pada bagian perut disebabkan oleh beberapa hal seperti radang usus buntu kronik atau terdapat batu di saluran kencing. Untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya konsultasikanlah hal ini dengan dokter.

6. Pinggang yang pegal dapat disebabkan dari ototnya karena sering kerja mengangkat benda-benda yang berat dengan cara yang salah, kurang olah raga, dll.
Demikianlah jawaban saya, semoga bermanfaat dan terima kasih atas pertanyaannya.

(Dr. Lian Marliana)

Sumber :
http://www.mer-c.org/penyakit-kulit/92-sendi-berbunyi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar